Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah               : SMAN 6 Tangerang Selatan
Mata Plejaran      : Bahasa Inggris/Wajib
Kelas/Semester   : X/2
Pokok bahasan    : Teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan    bangunan bersejarah terkenal
Hari & Tanggal     : Rabu 21 Maret 2017
Alokasi Waktu     : 2 x 40 menit

A.   Kompetensi Inti:
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin dan tanggung jawa, peduli (gotong  royong, kerjasama, toleransi, damai), santun, responsif, dan pro aktif dan menunjukan sikap dari sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.   Kompetensi Dasar
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3. Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.7.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang orang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.10.  Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang orang, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.

C.   Indikator:
1.1.1     Menunjukan kesungguhan belajar Bahasa Inggris terkait teks deksriptif sederhana tentang orang.
2.3.1 Menunjukan perilaku tanggung jawab, peduli dan percaya diri dalam melakukan komunikasi terkait teks deskriptif sederhana tentang orang.
3.7.1 Mendidentifikasi fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang orang.
3.7.2 Menemukan unsur kebahasaan tentang teks deskriptif.
 4.10.1 Membuat teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang orang, tempat wisata dan bangunan terkenal
4.10.2 Melakukan monolog tentang teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata dan bangunan terkenal.
D.   Tujuan Pembelajaran:
1.1.1     Siswa dapat menunjukan kesungguhan belajar Bahasa Inggris terkait teks deskriptif sederhana tentang orang.
2.3.1 Siswa dapat menunjukan perilaku tanggung jawab, peduli dan percaya diri dalam melakukan komunikasi terkait teks deskriptif sederhana tentang orang.
3.7.1 Siswa dapat mendidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang orang.
3.7.2 Siswa dapat menyimpulkan fungsi sosial teks deskriptif.
4.10.1 Siswa dapat membuat teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang orang.
4.10.2 Siswa dapat melakukan monolog teks deskriptif.

E.   Materi:
Fungsi sosial: Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengritik, mempromosikan, dsb.
Unsur kebahasaan:
(1)  Kata benda yang terkait dengan orang
(2)  Kata sifat yang terkait dengan orang
(3)  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.

F.    Metode Pembelajaran:
 Presentation, observation
G.   Media Alat dan sumber pembelajaran:
1.    Media             : video berisi deskripsi tentang orang, power point, padlet, blog.
2.    Alat                 : laptop, speaker, proyektor
3.    Sumber          :  Youtube, padlet, google, google image.

H.   Langkah – langkah kegiatan pembelajaran: Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan  





















































Kegiatan Inti
















































Penutup
    1.    Guru memberi salam kepada murid-murid, menanyakan siapa yang tidak hadir, dan mulai membaca doa.

    2.    Guru memulai untuk mengenalkan aplikasi padlet yang akan digunakan dalam kelas, lalu mulai meminta siswa untuk log in akun padlet dengan menggunaka gmail mereka.

    3.    Guru sudah menyiapkan wall padlet dan sudah menginvite para murid kedalam wall tersebut

    4.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran sesuai dengan judul pada wall padlet yang sudah disiapkan: “who’s your favorite person’s in your life”

    5.    Guru memulai untuk ice breaking sebelum memulai pembelajaran untuk pembuka sesi pelajaran yang baru dengan “scaffolding talk” dengan menanyakan idola siswa. (questioning)


    6.    Guru mengirimkan didalam box deskripsi tentang rules pengerjan tugas didalam wall pertama



1.    Guru mengirimkan video contoh tentang deskripsi orang terkenal didalam wall padlet dan meminta siswa untuk mengamatinya. (observing)

2.    Guru membimbing siswa untuk mempertanyakan fungsi teks deskriptif. (questioning)

3.    Guru mengirimkan Power Point pembahasan deskriptif tentang orang didalam wall padlet dan mulai menjelaskan di depan kelas menggunakan power point.

4.    Guru mengirimkan quiz  kedalam wall padlet berupa ciri-ciri dari orang terkenal dan meminta siswa untuk menebak orang tersebut serta menuliskan jawabannya didalam wall padlet.

5.    Guru meminta siswa untuk menuliskan adjective orang yang dideskripsikan sebelumnya.

6.    Guru meminta siswa untik menuliskan teks deskriptif tentang orang secara singkat dalam wall padlet serta menyertakan foto orang yang dideskripsikan.

    1.    Guru memberikan PR kepada siswa untuk membuat deskriptif teks tentang bangunan bersejarah didalam new wall padlet yang akan dibuat oleh si guru.

    2.    Siswa memperoleh feedback dari guru dan teman – temannya dengan guru menyimpan hasil pembelajaran kedalam image untuk portfolio mereka dan mengirimkan kedalam blog.

    3.    Guru mengarahkan dan menuntun siswa untuk membuat kesimpulan dari materi pembelajaran ini.

    4.    Guru menutup akhir pertemuan ini dengan mengucapkan : thank you very much you did a good job today! I am very happy with your activity in your class, how about you? Do you enjoy my class?
Guru menutup dengan mengucapkan hamdallah
2 menit



        

         5 menit




         5 menit





2 menit



2 menit




       
         2 menit





        
         7 menit



        5 menit




5 menit





             

             10  menit




        10 menit



              
             20  menit






2 menit



       3 menit





2 menit







 Please check our screen o'matic videos to see more explanation :)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beda Pengalaman, Beda Perlakuan

Leadership in Student Organization: Leader Mentality Starts From Our Mind

Fenomena Crimes of Honor di Timur Tengah